Kamis, 26 September 2013

Menukar nilai variable (JAVA)

Membolak balik alias menukar-nukar isi nilai suatu variable diperlukan sebuah variable dummy (variable boneka) atau terserah apalah namanya. :p. dimana fungsi variable dummy untuk menyimpan isi variable sementara, berguna untuk menggantikan variable yang akan terganti dan nanti akan dipanggil lagi nilainya..

Dari pada bingung coba lihat contoh soalnya :
Buatlah sebuah class dengan nama P2_2NamaMhs, dimana class ini hanya berisi method main. Di dalamnya, dideklarasikan tiga variabel integer dengan nama: number1, number2 dan number3. Simpanlah file didalam folder Praktikum2 yang telah dibuat untuk tugas sebelumnya.

Program bertugas mencetak nilai dari ketiga variabel tersebut, dengan tambahan komentar. Kemudian isi variabel-variabel tersebut ditukar:
number1 à number 2 à number3, number3 à number1.
Kemudian ketiga nilai variabel tersebut dicetak kembali dengan komentar. Output program akan terlihat seperti berikut:
  
----------------------- tampilan yang diminta -------------
Nilai dari number1 adalah 3
Nilai dari number2 adalah 5
Nilai dari number3 adalah 2

Nilai dari number1 adalah 2  num3
Nilai dari number2 adalah 3  num1
Nilai dari number3 adalah 5  num2

Source codenya adalah :

  1. import java.util.*;

  2. public class P2_2Budi
  3. {
  4.  public static void main(String[] args)
  5.  {
  6.  System.out.println("==================================================");
  7.  System.out.println("              Program Bolak Balik Angka");
  8.  System.out.println("                  by besT (1102 1940)");
  9.  System.out.println("--------------------------------------------------");

  10.  Scanner kb = new Scanner(System.in);
  11.  int angka1=3;
  12.  int angka2=5;
  13.  int angka3=2;
  14.  int bank1,bank2;

  15.  System.out.println("Posisi Awal......... ");
  16.  System.out.println("-------------------- ");
  17.  System.out.println("Nilai dari angka1 adalah : " + angka1);
  18.  System.out.println("Nilai dari angka2 adalah : " + angka2);
  19.  System.out.println("Nilai dari angka3 adalah : " + angka3);
  20.  System.out.println("                         ---------");

  21.  System.out.println("Proses pertukaran nilai dimulai...");
  22.  bank1=angka1;    // boneka utk menampung nilai angka1
  23.  bank2=angka2;    // boneka utk menampung nilai angka2
  24.  angka1=angka3;
  25.  angka2=bank1;
  26.  angka3=bank2;

  27.  System.out.println();
  28.  System.out.println("Sekarang angka1 berisi nilai angka3");
  29.  System.out.println("Sekarang angka2 berisi nilai angka1");
  30.  System.out.println("Sekarang angka3 berisi nilai angka2");
  31.  System.out.println();

  32.  System.out.println("Hasilnya adalah : " );
  33.  System.out.println("Posisi Sekarang......... ");
  34.  System.out.println("-------------------- ");
  35.  System.out.println("Nilai dari angka1 adalah : " + angka1);
  36.  System.out.println("Nilai dari angka2 adalah : " + angka2);
  37.  System.out.println("Nilai dari angka3 adalah : " + angka3);
  38.  System.out.println("                         ---------");
  39.  System.out.println();                        
  40.  System.out.println("S e l e s a i . . . . . . . . . . ..");
  41.  }
hasilnya jika di jalankan :

Sekian, semoga bermanfaat..